Header Ads

Header Ads

Gus Dur Ceramah Bola di Persebaya

Gus Dur Ceramah Bola di Persebaya

PecintaUlama.ID - Pengajian sepak bola? Ya, itu pernah terjadi dan dilakukan Persebaya pada 18 Desember 1993. Saat itu Persebaya dimanajeri H Agil H Ali yang sengaja mengundang KH Abdurrahman Wahid untuk memberikan sentuhan rohani di halaman Wisma Persebaya. Ulama yang biasa disapa Gus Dur itu pun tidak canggung berbicara sepak bola di hadapan para hadirin yang terdiri atas suporter, pengurus, pelatih, dan pemain Persebaya.

Gus Dur datang untuk membekali pemain Persebaya sebelum memasuki putaran kedua kompetisi Divisi Utama Perserikatan PSSI. Dalam pengajiannya, Gus Dur berharap pemain Persebaya mempertahankan kesungguhan dan ketekunan. Sebab dengan kesungguhan dan ketekunan, Persebaya akan mampu mempertahankan prestasi. "Kesungguhan Anda akan diuji kesungguhan orang lain. Jadi, jangan minta ke dukun ya," katanya.


Dalam pengajian tersebut, Gus Dur tidak mengutip ayat-ayat Alquran maupun hadis. Pengajian murni berbicara sepak bola. Seluruh hadirin tampak puas karena Gus Dur juga menguasai perkembangan sepak bola dunia.

Sumber: Jawa Pos (@jawapos) edisi 17 Desember 2015

Keyword: Bonek, Persebaya, Persebaya 1927, Gus Dur, Nahdlatul Ulama, Kiai, Ceramah

Posting Komentar

0 Komentar