Header Ads

Bukan Lukisan, Hiasan Rumah Terbaik itu Shalat dan Bacaan Al-Qur’an

Al-Qu’ran merupakan salah satu dari mu’jizat yang diberikan oleh Allah kepada Nabi Muhammad. Ia berisi kalimat-kalimat suci yang tidak bisa diubah dan tidak akan mengalami perubahan karena sudah dijamin oleh Allah Ta'ala.

Menurut KH D Zawawi Imron, banyak sekali manfaat yang akan diterima oleh orang-orang yang dalam kehidupannya selalu berhubungan dengan Al-Qur’an. Salah satunya adalah ia akan selalu dipelihara kehidupannya baik di dunia maupun akhirat.

"Orang yang hidup dengan nilai-nilai Al-Qur'an akan dipelihara oleh Allah baik di dunia, lebih-lebih akhirat kelak," jelasnya, Jumat malam (18/10).

Ia mengatakan hal ini dalam kegiatan ngaji kebangsaan yang berlangsung di Masjid Manarul Ilmi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Kegitan yang diinisiasi oleh Unit Kegitan Mahasiswa (UKM) Rebana ITS diikuti oleh ratusan jamaah.

Ia melanjutkan, jika ada seorang hamba yang menginginkan bercakap dan berkomunikasi dengan Allah, hamba tersebut hanya perlu membaca kalam-kalam ilahi yang ada dalam Al-Qur’an. Sebagaimana dengan hadis Nabi yang berbunyi man aroda an yatakallama ma'a Allah, fal yaqra`il Qur'an.

"Karena itu, marilah kita jadi orang yang dekat dengan Allah maupun dengan Al-Qur'an. Karena ada hadis yang menyatakan Rasulullah bersabda man aroda an yatakallama ma'a Allah, fal yaqra`il Qur'an. Siapa yang ingin bercakap-cakap dengan Allah, maka bacalah Al-Qur'an," ajaknya kepada para hadirin.

Selain itu, Kiai Celurit Emas ini juga mengajak untuk menghias rumah dengan bacaan Al-Qur’an. Sebab Al-Qur’an bisa menjadi hiasan bagi rumah dan itu tak ternilai harganya.

"Hiasan rumah kitapun yang terindah selain shalat adalah al-Qur'an. Rasulullah bersabda, zayyinu makanatikum bis shalati wa qira`atil Qur'an. Hiasilah rumahmu dengan shalat dan bacaan-bacaan Al-Qur'an," ungkapnya.

Oleh karena itu, dirinya menegaskan bahwa perhiasan rumah itu bukan lukisan-lukisan yang indah yang dilukis oleh para pelukis terkenal, tapi juga bacaan-bacaan Al-Qur'an.

"Jadi perhiasan rumah itu bukan lukisan-lukisan yang indah yang dilukis oleh pelukis terkenal, bukan hanya itu. Itu memang lukisan. Tapi hiasan yang terindah menurut Allah dan Rasulullah adalah bacaan-bacaan Al-Qur'an," bebernya.

“Dengan kaligrafi juga bagus, tapi lebih bagus yang bisa dibaca. Meskipun ada lukisan Surat Yasin, tapi tidak dibaca itu kurang sempurna sebab hiasan terbagus itu adalah qira'atil Qur'an, membaca Al-Qur'an,” pungkasnya.

Posting Komentar

0 Komentar