Header Ads

Hadapi Disrupsi Teknologi, Guru Harus Selalu Responsif

Hadapi Disrupsi Teknologi, Guru Harus Selalu Responsif

Surabaya, PecintaUlama.ID - Pada saat ini manusia telah hidup di dua dunia sekaligus, yaitu dunia nyata dan dunia maya. Dinamika dunia maya dapat berpengaruh pada tindakan dan perilaku manusia serta tata nilai yang dianut. Maka dari itu para pendidik dan tenaga kependidikan menghadapi tantangan yang semakin kompleks.

Hal ini seperti apa yang dikatakan oleh Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin, pada puncak peringatan Hari Guru & Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Berprestasi 2018. Kegiatan ini yang bertempat di Dyandra Convention Hall, Jl. Basuki Rahmat, Surabaya dilaksanakan pada Ahad (15/11).

Menurut Menag, ada dua hal yang harus direspon oleh guru agar dapat menjadi pendidik berparadigma milenial. Hal pertama yang harus disikapi adalah globalisasi yang membuat manusia seolah-olah sudah borderless atau tanpa batas teritorial. Kaburnya batas teritori juga mengaburkan batas nilai dan budaya.

Globalisasi tentu saja membawa pengaruh positif, namun di sisi lain juga membawa paham-paham yang tidak hanya bertolak belakang dengan nilai-nilai keindonesiaan, tetapi juga nilai agama yang dianut masyarakat Indonesia. Pengaruh dari luar yang semakin mudah masuk mengundang masuknya liberalisasi, sekularisasi, dan transnasionalisme yang negatif ke ruang privat keluarga. "Bila tidak diwaspadai, itu semua akan merusak tatanan kehidupan dan nilai-nilai yang kita anut," tandas Menag.

Tantangan kedua adalah disrupsi teknologi yang ditandai dengan munculnya berbagai inovasi perangkat yang berbasis artificial intelligence atau kecerdasan buatan. Saat ini anak didik kita tak bisa dilepaskan dari perangkat digital virtual dari hidupnya.

Dalam dunia pendidikan era ini bisa positif, tetapi hal itu dapat menyebabkan dehumanisasi atau ketercerabutan sisi kemanusiaan dari diri bangsa. "Kita sering mengalami, berkumpul dengan keluarga tetapi tidak saling bicara. Itu bukti bahwa dehumanisasi sudah mempengaruhi kehidupan kita," katanya.

Dengan fenomena ini, kata Menag, pendidik mendapat tantangan yang amat serius. Oleh karena itu para guru dituntut lebih memberikan perhatian lebih terhadap persoalan ini. "Guru harus dapat meneguhkan posisi anak didik agar tetap berada dalam jatidiri bangsa Indonesia yang relijius dan agamis," katanya.

Tantangan dunia luar juga menjadi pekerjaan Kementerian Agama. Menurut Menag, seluruh program di kementerian yang dipimpinnya berfokus dalam dua hal. Pertama menjaga moderasi Islam, yang fokusnya menjaga agar pemahaman dan pengamalan keagamaan di Indonesia tetap moderat, jauh dari ekstrimisme.

"Kita terus menyerukan moderasi beragama, bukan moderasi agama, karena agama itu sendiri tentunya sudah moderat. Tetapi cara kita memahami agama boleh jadi terjebak pada perilaku berlebihan," ujarnya.

Hal kedua yang selalu dijaga Kementerian Agama adalah menjaga agar pemahaman beragama pada hakekatnya adalah juga berindonesia dan sebaliknya, karena bernegara pada dasarnya merupakan pengamalan beragama yang kita yakini. 

"Saya ingin menegaskan kepada para pendidik kita, agar menyadari tantangan globalisasi dan disrupsi teknologi serta menyikapinya dengan benar dengan menjaga jatidiri kebangsaan dan keislaman," pungkasnya. [*]

Posting Komentar

0 Komentar