Header Ads

Download Brosur Pendaftaran Ma'had Aly TBS Kudus - Prodi Falak

Kudus, PecintaUlama.ID - Ma'had Aly merupakan perguruan tinggi keislaman yang menyelenggarakan pendidikan akademik dalam bidang penguasaan ilmu agama islam (tafaqquh fiddin) berbasis kitab salaf. Kemenag RI selama dua tahun telah meresmikan puluhan Ma'had Aly di seluruh Indonesia dengan tingkat strata satu dari berbagai macam program studi. Lulusan Ma'had Aly yang diakui Pemerintah setara dengan lulusan lembaga pendidikan tinggi agama dan umum dalam sistem pendidikan nasional, baik dalam pengakuan maupun status.

Ma'had Aly TBS melalui SK No 972 Tahun 2018, melalui Ditjen Pendidikan Islam Kemenag meresmikan Ma'had Aly Tasywiquth Thullab Salafiyah (TBS) di Kudus, Jawa Tengah. Ma'had Aly ke-27 ini menyelenggarakan Program Studi Ilmu Falak.

Download Brosur Pendaftaran Ma'had Aly TBS Kudus, Ma'had Aly Prodi Falak Pertama di Indonesia di sini.

Berikut ini adalah preview brosur pendaftaran Ma'had Aly TBS Kudus:

Berikut ini adalah isi brosur yang disalin menjadi teks biasa:

Pengantar
Madrasah Tasywiquth Thullab Salafiyah (TBS) berdiri pada 21 November 1928 M. Ilmu falak telah diajarkan turun temurun sejak madrasah ini berdiri. Silsilah guru ilmu falak di Madrasah TBS, dimulai dari KH Abdul Jalil Hamid sebagai guru falak pertama, kemudian diteruskan KH Turaichan Adjhuri, KH Noor Ahmad, KH. Rofiq Hadziq, KH Abdul Bashir, dan tetap berlangsung hingga kini diteruskan oleh generasi ahli falak TBS.

Kepakaran KH Abdul Jalil Hamid di bidang falak pernah diuji di Makkah saat hisab gerhana mataharinya dipakai Kerajaan Arab Saudi. Dari sini, reputasinya pun kian dikenal dan diakui dunia internasional. Karya KH Abdul Jalil Hamid yang terkenal hingga kini adalah Fath ar-Rouf al-Mannan dan kitab Rubu' Mujayyab (Quadrant) yang masih banyak digunakan di Indonesia.

Kepakaran KH Turaichan Adjhuri (Mbah Tur) di bidang falak juga tidak ada yang meragukan. KH Turaichan Adjhuri (Mbah Tur) merupakan sosok ahli falak yang sangat populer di tanah air. Almanak Menara Kudus karyanya, senantiasa menjadi rujukan masyarakat dan juga pemerintah, khususnya dalam penentuan awal bulan, awal Ramadan, dan karya-karya lain di bidang ilmu falak yang sangat penting bagi umat Islam.

Pemikiran Mbah Tur kemudian diteruskan oleh santri-santrinya, antara lain adalah KH Noor Ahmad yang menulis beberapa kitab di bidang ilmu falak, yaitu Syawariq al-Anwar, Syams al-Hilal, dan Nur al-Anwar. KH Noor Ahmad juga dikenal dengan jasanya mengubah putusan Pemerintah Saudi Arabia dalam menentukan wukuf pada 1988 M.

Pendahuluan
Ma'had Aly merupakan perguruan tinggi keagamaan islam yang menyelenggarakan pendidikan akademik dalam bidang penguasaan ilmu agama islam (tafaqquh fiddin) berbasis kitab salaf yang diselenggarakan oleh pondok pesantren. Ma'had Aly juga merupakan pendidikan lanjutan dari pendidikan formal yang setara dengan tingkat sarjana S1. Tujuan dibentuk pendidikan ini adalah menciptakan lulusan yang ahli dalam bidang ilmu agama Islam (mutafaqqih fiddin), dan mengembangkan ilmu agama Islam berbasis kitab salaf.

Ma'had Aly Tasywiquth Thullab Salafiyah (TBS) Kudus didirikan pada tahun 2017 di bawah naungan PP. at-Thullab. Pada Tahun Akademik 1439/1440 H ini, Ma'had Aly TBS Kudus menyelenggarakan satu Program Studi Ilmu Falak. Ma'had Aly TBS telah menerima SK Izin Pendirian dan No. Statistik dari Menteri Agama. Dengan kehadiran SK tersebut sekaligus memastikan legalitas Ma'had Aly TBS dalam sistem pendidikan nasional yang setara dengan lembaga pendidikan tinggi agama dan umum baik dalam pengakuan, status, lulusan maupun perhatian pemerintah terhadap keberlangsungan dan pengembangannya.

Visi
Menjadi pusat kajian dan pengembangan ilmu falak yang unggul, responsif terhadap perkembangan global serta berwawasan Ahl al-Sunnah wa al-Jama'ah al-Nahdliyah.

Misi
  • Menyelenggarakan dan melaksanakan pendidikan, pengajaran, serta pengkajian ilmu falak sistem pesantren dan berbasis riset, dengan merespon perkembangan kontemporer dan global
  • Lembaga pengembangan dan kaderisasi ahli falak
  • Sarana pengembangan metode dan inovasi-inovasi dalam ilmu falak
  • Ruang pengabdian dan pemberdayaan kepada pesantren dan masyarakat, khususnya di bidang ilmu falak
  • Menggali dan menanamkan karakter ilmiah dan amaliah salafuna al-shalih untuk mengembangkan kajian ilmu falak di Indonesia.
Materi Perkuliahan
Mata Kuliah Dasar: Bahasa Arab, Nahwu, Shorof, Tashawwuf, Balaghoh, Mantiq, Kalam, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

Mata Kuliah Pokok: Astronomi Umum, Matematika Astronomi, Pengantar ilmu falak, Fiqh qiblat, Arah kiblat, Kajian Teori Falak (Taqribi dan Tahqiqi), Fiqh waktu Ibadah, Hisab jadwal shalat dan imsakiyah, Hisab gerhana bulan dan matahari, Hisab awal bulan hijriyah, Galaksi dan Kosmologi, Membuat kalender, Fiqh hisab rukyat, Praktik rukyatul hilal, Pemograman hisab, Kajian Kitab Falak Nusantara, Kajian Pemikiran Tokoh Falak, Filsafat Sains dan Teknologi Islam, al-Qadlaya al-Mustajiddad, Tasfir Ayat Kauniyah, dan Metodologi studi sains.

Mata Kuliah Pendukung: Peradilan Agama, Ushul Fiqh, Tarikh Tasyri', Kaidah fiqh, Hadis Ahkam, Matematika Alquran, Tafsir Ahkam, Sosiologi Hukum Islam, Filsafat ilmu, Penulisan Karya Ilmiah, Metodologi Penelitian, Seminar Proposal, Risalah, dan Khidmah/ PPL.

Metode Pengajaran
Ma'had Aly TBS Kudus memadukan sistem pengajaran perguruan tinggi dan pesantren. Selain penyampaian materi oleh masyayikh dan dosen, mahasantri dibina secara terpadu oleh musyrif di asrama yang siap membantu mengembangkan bakat, minat serta kreatifitas mahasantri. Proses pembelajarannya sebagai berikut, ceramah, dialog interaktif, pengajian model bandongan dan sorogan, studi kepustakaan literatur klasik keagamaan, penugasan penulisan ilmiah, musyawarah, seminar, bahtsul masail, praktikum, penelitian, dan penerbitan.

Peluang Profesi
  1. Sebagai peneliti interdisipliner teknologi astronomi dan ilmu falak terapan
  2. Sebagai inovator teknologi tepat guna dalam bidang ilmu falak untuk menjawab tantangan problematika umat
  3. Sebagai pengajar profesional ilmu falak di pesantren dan madrasah/sekolah
  4. Sebagi tenaga ahli di bidang hisab rukyat klasik dan modern di lembaga-lembaga falakiyah pemrintah, organisasi keagamaan atau lembaga pendidikan
  5. Sebagai pengkaji dan penulis isu-isu perkembangan ilmu falak klasik dan modern.
Pendaftaran
Waktu Pendaftaran
01 Rajab - 20 Syawal 1439 H / 19 Maret - 04 Juli 2018

Syarat Pendaftaran
  1. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 150.000; 
  2. Laki-laki lulus SMA/ MA atau yang sederajat; 
  3. Menyerahkan kelengkapan admisnistratif meliputi, 
    • Foto kopi identitas berupa KTP dan Kartu Keluarga 
    • Formulir pendaftaran yang telah diisi 
    • 2 lembar foto kopi ijazah SMA atau yang sederajat yang telah dilegalisasi 
    • 4 (empat) lembar foto hitam putih ukuran 3x4 Menandatangani surat pernyataan wajib berasrama selama studi
Tempat Pendaftaran
Kantor Ma'had Aly, Gedung Madrasah TBS Selatan, Jl. KH. Turaichan Adjhuri no. 23 pada jam 08.00 - 13.20 WIB

Materi Tes
Ujian tulis (Bahasa Arab), ujian lisan (baca alquran), dan Interview.

Tes Seleksi
22 Syawwal 1439 H/ 06 Juli 2018 M 

Pengumuman Hasil Tes
24 Syawwal 1439 H/ 08 Juli 2018 M

Daftar Ulang
25 Syawwal - 27 Syawwal 1439 H/ 09 - 11 Juli 2018 M

Orientasi dan Kuliah Perdana
28 Syawal 1439 H/ 12 Juli 2018 M

Kontak person panitia penerimaan santri baru:
082324252051 (Kholilur Rohman)
087839280030 (Noor Aflah)

    Tidak ada komentar:

    Diberdayakan oleh Blogger.