Header Ads

Imsak Mengajarkan Kesunnahan

Contoh tangkapan layar aplikasi Digital Falak
PecintaUlamaID - Sahur dalam KBBI bermakna makan pada dini hari (disunnahkan menjelang fajar sebelum subuh) bagi orang-orang yang akan menjalankan ibadah puasa.

Suhur dengan didhomah sinnya kalau dalam Bahasa Arab, merupakan salah satu kesunnahan dalam ibadah puasa, di mana kesunnahan ini sudah bisa diperoleh dengan makan di pertengahan malam sedangkan makan sebelum itu belum dinamakan dengan suhur, juga tidak mendapatkan pahala kesunnahan.

Adapun waktu paling utama untuk bersahur adalah mengakhirkan sahur sampai kira-kira kadar waktu yang cukup untuk membaca 50 ayat sebelum waktu subuh masuk.

Seperti yang sudah diketahui ibadah puasa dimulai dari masuknya waktu subuh (Thuluul fajr) artinya kewajiban untuk tidak lagi makan minum bagi orang yang berniat puasa dimulai di waktu itu. Adapun makan minum sebelum waktu tersebut boleh-boleh saja.

Ternyata mengakhirkan sahur itu merupakan kesunnahan tersendiri. Sahur itu sendiri sunnah, mengakhirkan sahur juga sunnah. Berarti di sini ada dua kesunnahan. Ini berdasarkan hadits Nabi:

ﺗﺴﺤﺮﻭا ﻓﺈﻥ ﻓﻲ اﻟﺴﺤﻮﺭ ﺑﺮﻛﺔ

"Sahurlah kalian, sesunguhnya di dalam makan sahur terdapat barokah"

لا تزال أمتي بخير ما عجلوا الإفطار وأخروا السحور

"Umatku selalu dalam kebaikan selama menyegerakan berbuka dan mengakhirkan sahur"

Adapun Maksud dari mengakhirkan sahur adalah sekiranya telah menyelasikan makan dan minum sebelum terbitnya fajar (waktu masuknya Subuh), yakni kadar waktu sekiranya seseorang selesai membaca 50 ayat.

Menurut Syeikh Hasanain Muhammad Makhluf, seorang Mufti Dar-Ifta' Al-Misriyah memberikan mengatakan bahwa kira-kira 50 ayat itu berlangsung kurang lebih sekitar 10 menit.

Adanya jadwal ismakiyah sangat membantu juga sebagai acuan untuk melaksanakan sunnah mengakhirkan sahur. Karena sepengamatan penulis, jadwal imsakiyah itu sebelum masuknya waktu Subuh. Sebagai contoh dalam aplikasi Digital Falak, di sana diberi jeda waktu kurang lebih 10 menit antara waktu imsak dan masuknya waktu subuh.

Jadi sangat aneh bila ada yang mempermasalahkan jadwal Imsakiyah. Dengan ini bisa disimpulkan bahwasanya Imsak itu tidak wajib kecuali sebelum terbitnya fajar, dan bahwasanya yang sunnah itu hendaknya antara sahur dengan terbitnya fajar kira-kira lima puluh ayat, dan hal itu dikira-kirakan kurang lebih 10 menit.


Juga berarti masih bolehnya makan ataupun minum setelah alarm imsak berbunyi cuma untuk lebih berhati-hati supaya menghentikan makan dan minum setelah alarm imsak berbunyi kecuali kalau sangat tanggung (bhs:jawa).

Oleh: M Hanif R
Santri Pondok Al-Iman Bulus, Purworejo

Referensi:

Fiqh Manhaji 2/88- 89

اﻟﺴﺤﻮﺭ:
ﻭاﻟﺴﺤﻮﺭ ﻳﻔﺘﺢ اﻟﺴﻴﻦ ﻣﺎ ﻳﺆﻛﻞ ﻓﻲ اﻟﺴﺤﺮ، ﻭﺑﻀﻢ اﻟﺴﻴﻦ: اﻷﻛﻞ ﻭﺩﻟﻴﻞ اﺳﺘﺤﺒﺎﺑﻪ ﻣﺎ ﺭﻭاﻩ اﻟﺒﺨﺎﺭﻱ (823) ﻭﻣﺴﻠﻢ (1095) ﺃﻥ اﻟﻨﺒﻲ - ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ - ﻗﺎﻝ: " ﺗﺴﺤﺮﻭا ﻓﺈﻥ ﻓﻲ اﻟﺴﺤﻮﺭ ﺑﺮﻛﺔ " ﻭاﻟﺤﻜﻤﺔ ﻣﻦ اﺳﺘﺤﺒﺎﺏ اﻟﺴﺤﻮﺭ اﻟﺘﻘﻮﻱ ﻋﻠﻰ اﻟﺼﻮﻡ.
ﺭﻭﻱ اﻟﺤﺎﻛﻢ ﻓﻲ ﻣﺴﺘﺪﺭﻛﻪ (1/ 425) ﺃﻥ اﻟﻨﺒﻲ - ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ - ﻗﺎﻝ " ﻭاﺳﺘﻌﻴﻨﻮا ﺑﻄﻌﺎﻡ اﻟﺴﺤﺮ ﻋﻠﻰ ﺻﻴﺎﻡ اﻟﻨﻬﺎﺭ "
ﻭﻳﺪﺧﻞ ﻭﻗﺖ اﻟﺴﺤﻮﺭ ﺑﻨﺼﻒ اﻟﻠﻴﻞ. ﻭﻳﺤﺼﻞ ﻓﻀﻞ اﻟﺴﺤﻮﺭ ﺑﻜﺜﻴﺮ اﻟﻤﺄﻛﻮﻝ، ﻭﻗﻠﻴﻠﻪ، ﻭﺑﺎﻟﻤﺎء. ﺭﻭﻯ اﺑﻦ ﺣﺒﺎﻥ ﻓﻲ ﺻﺤﻴﺤﻪ ﺃﻥ اﻟﻨﺒﻲ - ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ - ﻗﺎﻝ: " ﺗﺴﺤﺮﻭا ﻭﻟﻮ ﺑﺠﺮﻋﺔ ﻣﺎء " (ﻣﻮاﺭﺩ اﻟﻈﻤﺂﻥ: 884).
تأخير السحور:
وذلك بحيث ينتهي من الطعام والشراب قبيل طلوع الفجر بقليل. ودليل ذلك ما رواه الإمام أحمد في مسنده (5/ 147) عن النبي - صلى الله عليه وسلم - قال: " لا تزال أمتي بخير ما عجلوا الإفطار وأخروا السحور ".
وروى البخاري (556) عن أنس بن مالك - رضي الله عنه - أن النبي - صلى الله عليه وسلم - وزيد بن ثابت تسحراً، فلما فرغا من سحورهما قام نبي الله - صلى الله عليه وسلم - فصلى قلنا لأنس: كم كان بين فراغهما من سحورهما ودخولهما في الصلاة؟ قال: قدر ما يقرأ الرجل خمسين آية.

I'anathut Thalibin 2/277

(والحاصل) أن السحور يدخل وقته بنصف الليل، فالأكل قبله ليس بسحور، فلا يحصل به السنة، والأفضل تأخيره إلى قرب الفجر بقدر ما يسع قراءة خمسين آية.

Fatawa Dar Ifta' almisriyah 1/101

ﻭﻣﻦ ﻫﺬا ﻳﻌﻠﻢ ﺃﻥ اﻹﻣﺴﺎﻙ ﻻ ﻳﺠﺐ ﺇﻻ ﻗﺒﻞ اﻟﻄﻠﻮﻉ ﻭﺃﻥ اﻟﻤﺴﺘﺤﺐ ﺃﻥ ﻳﻜﻮﻥ ﺑﻴﻨﻪ ﻭﺑﻴﻦ اﻟﻄﻠﻮﻉ ﻗﺪﺭ ﻗﺮاءﺓ ﺧﻤﺴﻴﻦ ﺁﻳﺔ ﻭﻱﻗﺪﺭ ﺫﻟﻚ ﺯﻣﻨﺎ ﺑﻌﺸﺮ ﺩﻗﺎﺋﻖ ﺗﻘﺮﻳﺒﺎ ﻭﻣﻦ ﻫﺬا ﻳﻌﻠﻢ اﻟﺠﻮاﺏ ﻋﻦ اﻟﺴﺆاﻝ ﺣﻴﺚ ﻛﺎﻥ اﻟﺤﺎﻝ ﻛﻤﺎ ﺫﻛﺮ ﺑﻪ ﻭاﻟﻠﻪ ﺃﻋﻠﻢ

Posting Komentar

0 Komentar