Header Ads

Download Kitab Durratun Nashihin

Download Kitab Durratun Nashihin

PecintaUlama - Kitab Durratun Nashihin (درة الناصحين) adalah salah satu kitab yang cukup populer di kalangan pesantren. Pengarang dari kitab ini adalah Syaikh Utsman ibn Hasan ibn Ahmad as-Syakir al-Khoubawy, seorang ulama yang berasal dari abad 13 hijriyah, wafat tahun 1824 miladiyah.

Disebutkan bahwa pada mulanya beliau mengarang kitab yang memiliki makna "Mutiara Para Penasehat" ini lantaran pada awalnya beliau menyadari bahwa di daerah beliau tinggal terdapat beberapa kalangan masyarakat yang benar-benar menggemari untaian kata berupa nasihat-nasihat. Mengetahui hal tersebut, hati beliau tergugah untuk mengarang sebuah kitab yang berisi nasehat-nasehat yang serupa dengan kegemaran para penduduknya tersebut.

Atas dasar itu, Syaikh al-Khoubawy akhirnya memutuskan untuk menyusun kitab yang sesuai dengan kegemaran masyarakatnya tersebut yakni Durratun Nashihin. Faktor lain yang menjadi pendukung asal mula penulisan kitab ini juga diungkapkan oleh Syaikh al-Khoubawy. Beliau merasa adanya penyimpangan pada penyampaian nasehat-nasehat yang pada saat itu dibawakan oleh sahabat-sahabatnya.

Silakan download kitab Durratun Nashihin di sini.

Berikut ini adalah preview kitab Durratun Nashihin:

Posting Komentar

0 Komentar