Header Ads

Header Ads

Peringati Asyuro, Mahasiswa Fakultas Dakwah UIN Walisongo Gelar Istighosah

Peringati Asyuro, Mahasiswa Fakultas Dakwah UIN Walisongo Gelar Istighosah

Semarang, PecintaUlama.ID - Beragam cara dilakukan oleh umat Islam dalam rangka memperingati hari Asyuro yang jatuh setiap 10 Muharram. Salah satunya adalah apa yang dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang. Mereka menggelar acara Istighosah Akbar & Suronan dengan tema "Merajut Mimpi, Meraih Asa, menuju FDK Jaya" pada Rabu (19/9).

Acara yang digeber di Aula Laboratorium FDK UIN Walisongo dan diikuti oleh sekitar 200an orang yang terdiri dari jajaran ketua organisasi mahasiswa FDK, mahasiswa FDK ini bertujuan agar para mahasiswa bisa mengambil manfaat dan meneladani keutamaan yang ada di hari Asyuro. Hal ini diamini oleh Zulvi Ariva, ketua panita acara tersebut. 

"Bertepatan pada hari Asyuro ini, mahasiswa dapat mengambil manfaat dan keutamaan-keutamaan dari hari Asyuro melalui Mauidhoh yang disampaikan oleh Habib Muhammad bin Farid Almuthohar," jelas mahasiswi jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam angkatan 2016 ini.

Menurut M Qori Setiawan, Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) FDK UIN Walisongo ini, tujuan lain diadakannya kegiatan ini adalah agar mahasiswa FDK dapat menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelum-sebelumnya.

"Harmonisasi mahasiswa FDK agar kedepannya menjadi lebih baik," tegas mahasiswa jurusan Pengembangan Masyarakat Islam angkatan 2015 ini.

Selain itu, acara ini juga dalam rangka doa Bersama jelang diadakannya Orientasi Olahraga, Seni, Ilmiah, dan Keterampilan (Orsenik) yang merupakan agenda tahunan dari Dema UIN Walisongo.

"Dan atlet-atlet yang akan bertanding di Orsenik bisa diberikan kemudahan oleh Allah untuk meraih kemenangan," imbuhnya.

Dalam mauidhoh yang disampaikan oleh Habib Muhammad bin Farid Almuhtohar, ia menyampaikan beberapa poin penting. Di antara poin-poin penting itu meliputi keutamaan hari Asyuro, bagaimana bersikap dermawan, dan persahabatan antar sesama. "Hari Asyuro itu hari kasih sayangnya orang Islam," ucapnya kepada para hadirin.

Di akhir, Qori berharap dengan diadakannya acara ini, mampu meningkatkan kemampuan spiritual mahasiswa, baik secara teori maupun dalam pengimplementasiannya. "FDK menjadi lebih baik, spiritualitas mahasiswa tidak sebatas teori tapi juga dalam implementasi serta mahasiswa bisa mengamalkan keutamaan hari Asyuro. Tentunya FDK Juara Umum Orsenik," pungkasnya. [*]

Posting Komentar

0 Komentar