Header Ads

Ini Program Ma'arif NU Kalbar Jawab Kebutuhan Masyarakat

Pontianak, PecintaUlama.ID - Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat kembali menggelar diskusi dwimingguan Jumat, 16/3 Malam bertempat di Balai Pertemuan NU Kalbar Pontianak. Kali ini yang mengisi diskusi adalah Lembaga Pendidikan Ma'arif (LP Ma'arif) Kalimantan Barat.

Lembaga Pendidikan Ma'arif adalah satuan lembaga pendidikan yang dikelola maupun dikembangkan oleh Nahdlatul Ulama (NU). Zulkifli Abdillah selaku moderator di acara diskusi tersebut menjelaskan bahwa peran Nahdlatul Ulama semakin diharapkan pada era ini, untuk itu peran lembaga-lembaga NU khususnya lembaga pendidikan perlu dikembangkan.

"Lembaga NU Seperti LP Ma'arif dituntut eksistensinya, karena lembaga ini dapat menciptakan kader Nahdlatul Ulama yang berkualitas," jelasnya.

Ketua LP NU Kalimantan Barat, Dr Zainuddin MA selaku pemateri menjelaskan bahwa saat ini Pengurus Wilayah sedang berusaha mengembangkan LP Ma'arif di wilayah Kalimantan Barat.

"Kami sedang mengembangkan lembaga ini, strategi yang kami lakukan seperti melalui pramuka, kemudian strategi ekonomi dengan mewajibkan seluruh siswa Ma'arif menggunakan seragam batik khas NU, serta mendorong Pengurus Cabang agar bergerak di setiap daerahnya," ujar pria yang juga sebagai Wakil Rektor 3 IAIN Pontianak.

Selain itu LP Ma'arif Kalimantan Barat memiliki program penelitian ulama lokal agar hasil penelitian tersebut dapat dijadikan buku ajar para siswa tentang Ke-NU-an dan Keaswajaan di Kalimantan Barat.

"Kami berharap program ini terlaksana, agar siswa siswi nanti dapat mengenal para ulama di wilayah Kalimantan Barat," imbuhnya.

Saat materi kedua yang disampaikan oleh Jono Harun SPd selaku ketua SAKO Pramuka LP Ma'arif Kalbar, ia menjelaskan bahwa saat ini program unggulan LP Ma'arif di Kalimantan Barat adalah Pramuka. 

"Kami sering mengirim pasukan untuk mengikuti program pramuka di daerah Jawa. Ketika pulang (dari Jawa.red) membawa beberapa piala, dan itu merupakan suatu kebanggaan," tuturnya.

Ia berharap juga agar Sako berkembang juga di tiap tiap cabang di wilayah Kalimantan Barat.

Didi Darmadi MLett selaku Sekretaris LP Ma'arif NU Kalbar mengatakan bahwa LP Ma'arif Kalimantan Barat menempati urutan ke 10 dari 34 provinsi yang mendapat bantuan dari pusat untuk menggerakan struktur pusat sampai kepengurasan wilayah maupun cabang.

"Kami berencana akan menggelar Pekan Olahraga dan Seni, untuk itu kami berharap agar madrasah maupun sekolah umum dapat meramaikan acara ini," pungkasnya. [Maulida/PecintaUlama.ID]

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.