Header Ads

Club Motor Hadiri Bedah Buku PMII IAIN Pontianak

Pontianak, PecintaUlama.ID - Ahad (18/03) PMII IAIN Pontianak gelar acara bedah buku 'Bung Memoar' tentang Mahbub Djunaidi. Bedah buku tersebut dilaksanakan selepas Pelantikan Tri Rayon Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) IAIN Pontianak di Kantor Wilayah Kementrian Agama Kalimantan Barat.

Penulis buku Bung yaitu Isfandirai Mahbub Djunaidi dan Iwan Rasta hadir langsung untuk bertatap muka membedah buku bersama kader PMII IAIN Pontianak. Bedah buku ini dimoderatori oleh Sahabat Hasani Mubarak dan pembandingnya adalah Dr Zulkifli Abdillah selaku dosen IAIN Pontianak.

Ada yang menarik diacara bedah buku ini, pasalnya Club motor MNC Outsiders ikut serta memenuhkan ruangan untuk bertatap muka dengan putra Almarhum Mahbub Djunaidi. Club Motor terebut berasal dari Singkawang.

Isfandirai selaku pemateri mengatakan bahwa bedah buku itu adalah menyampaikan ruh dari buku tersebut, bukan nenceritakan kembali isi buku tersebut. Di awal pembicaraan, ia menceritakan sosok Mahbub Djunaidi di mata dirinya sebagai anaknya, ia juga menceritakan sosok Mahbub Djunaidi di mata orang lain.

Ia menjelaskan bahwa sebenarnya Mahbub Djunaidi bukanlah pendiri PMII, melainkan ketua PB PMII Pertama yang ditunjuk oleh ulama pendiri PMII. Ia menjelaskan kedekatan Mahbub Djunaidi dengan Nahdlatul Ulama dan club motor Outsiders. 

"Kebetulan ayah saya ini warga Nahdliyin yang dekat dengan berbagai organisasi seperti club motor dan Ansor," jelasnya.

"Kedekatan beliau dengan Club motor Nampak ketika mengantar jenazahnya dihadiri oleh club motor MNC Outsider," imbuhnya.

Ketika menceritakan sosok Mahbub Djunaidi, ia menjelaskan bahwa tidak ada Mahbub kedua selain ayahnya.

"Saya belum menemukan seseorang yang seperti sosok Mahbub Djunaidi," tambahnya.

Bahkan Isfanfirai yang merupakan putra almarhum Mahbub Djunaidi sendiri saja tidak mampu meniru seperti sosok ayahnya.

"Mahbub sososk yang egaliter dan sangat menghormati perbedaan suku ras maupun agama, ia juga sosok yang konsisten dalam hal tulis menulis sehingga beliau dijuluki sang pendekar pena," pungkasnya.

Dr Zulkifli Abdillah selaku pembanding mengungkapkan bahwa Mahbub Djunaidi adalah sosok seniman, dilihat dari karyanya yang terkenal sampai yaitu lagu Mars PMII dan Mars GP Ansor, saya kira sahabat PMII bisa menghayati lirik mars PMII," jelasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa Mahbub adalah orang yang humoris. [Maulida/PecintaUlama.ID]

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.