Header Ads

Dorong Pengenalan IT, Ponpes Darul Falah Kudus Adakan Pelatihan Android

Kudus, PecintaUlama.ID - Semakin berkembangnya teknologi informasi menjadikan semakin beragamnya media dakwah, salah satunya melalui android. Menyikapi hal ini, Pondok Pesantren Darul Falah, Jekulo, Kudus mengadakan pelatihan android kepada santri dengan nama kegiatan "Pengenalan IT ke Pesantren Lewat Pembuatan Android".

Kegiatan yang dilaksanakan pada Jumat (5/1) ini dilaksanakan di Ponpes Darul Falah (Dafa) pusat dan diikuti oleh 25 santri ponpes Dafa. Alasan dilaksanakan kegiatan ini adalah para santri diharapkan mampu untuk membuat aplikasi android sehingga tidak hanya sebagai pemakai saja. Hal ini diperkuat oleh Rohmad Eko Wahyudi, pelaksana kegiatan.

"Jadi santri diharapkan bisa membuat aplikasi android. Sehingga bisa memperkaya konten positif di play store," tutur pria yang bisa disapa Rohmad ini.

Menurut alumnus ITS Surabaya ini, pada dasarnya santri tidak ada yang gagap teknologi (gaptek). Namun mereka hanya belum terbiasa. "Santri itu tidak ada yang gaptek. Hanya belum tersentuh teknologi saja. Mereka bisa menjadi ahli jika ada kemauan dan pengarahan," ungkapnya.

Selepas diadakan kegiatan ini, ia berharap peran santri mampu mereduksi hoax maupun konten negatif yang ada di internet. "Harapannya santri ada yang bermain di teknologi dan menghentikan penyebaran konten yang bertentangan dengan undang-undang seperti hoax," jelasnya. "Selain itu agar santri bisa memperoleh profit dari hasil karya mereka," imbuhnya.

Saat ditanya apakah kegiatan ini akan dilaksanakan di tempat lain, ia menjawab jika rencana ke depan memang akan dilaksanakan di luar ponpes Dafa sehingga santri mampu berkreasi lewat android. "Ya, rencana ke depan memang akan dilaksanakan di luar ponpes Dafa. Dan yang terpenting adalah peserta mau komitmen untuk menyelesaikan sehingga aplikasi bisa tersedia di play store," tutupnya. [Hanan/PecintaUlama.ID]

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.