Header Ads

Mengenal Lebih Dekat PP Al-Qur'aniyy Mangkuyudan Solo

Surakarta, PecintaUlama.ID - Pondok Pesantren Al-Qur'aniyy merupakan pondok pesantren berbasis Al-Quran. Pondok Pesantren ini didirikan oleh KH Ahmad Musthofa pada tahun 1982. Pondok pesantren ini bertempat di Jl Sidoasih Barat, Todipan, Laweyan, Surakarta.

Pondok pesatren ini khusus mengajarkan tata cara membaca Al-Quran kepada para santri, selain itu diajarkan pula adab dan sopan santun ketika memperlakukan Al-Quran. Dalam sistem mengaji di pondok pesantren ini, yang hanya diampu oleh pengasuh Pondok Pesantren Al-Quraniyy sekarang, yaitu KH Muhammad Choiri, yang merupakan menantu KH Ahmad Musthofa. Waktu mengaji untuk santri putra setelah sholat Isya' dan untuk santri putri setelah sholat Ashar dan setelah sholat Subuh.

Selain kegiatan mengaji, ada banyak kegiatan lainnya yaitu semaan Al-Qur'an setiap hari Sabtu dan Jumat pagi yang dibacakan oleh putra-putra KH Ahmad Musthofa dan dihadiri juga oleh masyarakat sekitar, semaan Al-Quran 30 juz setiap Sabtu Legi yang dimulai dengan pengajian Ar-Risalah di Pondok Pesantren Al-Quraniyy Az-Zayadiyy pada malam Jumat Kliwon kemudian dilanjutkan pada Jumat hingga Sabtu pagi semaan 30 juz yang dibacakan secara bergilir oleh para hafidz Al-Quran dan diakhiri dengan khataman Al-Quran pada Sabtu pagi.

Selain itu ada juga acara tahunan seperti Haul KH Dimyathi Tremas, beliau merupakan guru dari KH Ahmad Musthofa, kemudian Khataman para santri yang menghafalkan Al-Quran dan Haul KH Ahmad Musthofa serta Hj Maryam Ahmad Musthofa, istri KH Ahmad Musthofa.

Sejarah Pondok Pesantren Al-Qur'aniyy Mangkuyudan
Dimulai dari kecintaan beliau KH. Ahmad Musthofa pada Al-Quran sejak kecil, hal itu dibuktikan dengan kesenangan beliau ketika belajar Al-Quran dan mengajarkan Al-Quran. Di masa mudanya beliau pernah mempelajari Al-Quran dengan KH Dimyathi Tremas bersama KH Umar Abdul Manan di Pondok Pesantren Tremas Pacitan.
KH Ahmad Musthofa, Pendiri PP Al-Qur'aniyy Mangkuyudan
Karena kecintaan beliau pada Al-Quran, beliau selalu menyibukkan diri dengan membaca Al-Quran dan mengajarkan Al-Quran. Dimulai dari mengajarkan Al-Quran kepada putra-putra beliau hingga sebagian besar putra-putra beliau hafal Al-Quran. Salah satu kegiatan beliau adalah semaan Al-Quran yang dilakukan di masjid-masjid sekitar Mangkuyudan, semaan Al-Quran ialah kegiatan melantunkan bacaan Al-Quran dimana yang melantunkan adalah hafidz Al-Quran, kemudian jamaah sebagai penyemak, jika ada bacaan yang keliru dari hafidz tersebut maka para jamaah serentak membenarkan bacaan yang keliru tersebut.

Seiring berjalannya waktu, munculah desakan-desakan yang muncul dari masyarakat agar beliau mendirikan pondok pesantren dan pada akhirnya tahun 1982 berdirilah pondok pesantren yang dinamakan Pondok Pesantren Al-Qur'aniyy yang berdiri diatas tanah wakaf beliau sendiri.

Kegiatan-kegiatan Pondok Pesantren Al-Qur'aniyy Mangkuyudan
Pondok pesantren Al-Qur'aniyy memiliki beberapa kegiatan. Mulai dari kegiatan rutinan, lapanan (tiap 40 hari sekali), dan tahunan. Kegiatan-kegiatan itu meliputi Semaan Sabtu Legi, Haul & Khataman, Ziarah Masyayikh, dan Sadranan.
Nyai Hj Siti Maryam Ahmad Musthofa
Semaan Sabtu Legi
Kegiatan Rutin setiap 40 hari atau biasa disebut dengan Lapanan ini merupakan kegiatan yang rutin setiap Jumat Kliwon dan selesai pada Sabtu legi dengan khataman. Kegiatan ini sebagai tanda hormat kepada simbah Maryam Ahmad Musthofa dengan acara semaan 30 juz, yang dilaksanakan oleh putra-putra Beliau dan para alumni. Selain itu, budaya semaan Al-Quran seperti ini sudah berlangsung sejak simbah KH Ahmad Musthofa hidup, beliau mengenalkan tata cara, adab membaca dan bacaan-bacaan Al-Quran kepada masyarakat sekitar melalui semaan Al-Quran ini salah satunya. Beliau sangat menghormati Al-Quran dan mengenalkan Al-Quran kepada masyarakat dan masyarakat sendiri juga sangat mendukung kecintaan Beliau kepada Al-Quran.

Sadranan
Kegiatan ini diagendakan sebagai kegiatan rutin setiap hari Ahad, tepatnya satu pekan sebelum Ramadhan, kegiatan ini dilaksanakan dengan mengunjungi makam-makam para leluhur Pondok Pesantren Al-Quraniyy atau berziarah. Walaupun ini adalah kegiatan yang baru dilaksanakan, semoga kegiatan seperti ini bisa istiqomah dilaksanakan sebagai agenda tahunan Pondok Pesantren Al-Qur'aniyy.

Kontak Pondok Pesantren Al-Qur'aniyy Mangkuyudan Surakarta
Telp: (0271) 722234
E-mail: alquraniyy.mangkuyudan@gmail.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.