Header Ads

Kedekatan KH Utsman al-Ishaqi Surabaya dengan Habib Ali Bungur

Kiai Utsman bersama Habib Ali bin Husain Al-Attas Bungur. (Foto: Facebook Nanal Ainal Fauz)
Kiai Utsman (kiri) bersama Habib Ali bin Husain Al-Attas Bungur. (Foto: Facebook Nanal Ainal Fauz)

Salah satu ulama Nusantara keturunan Walisongo yang paling erat hubungannya dengan Sadah Habaib adalah KH Muhammad Utsman al-Ishaqi atau biasa disebut Kiai Utsman al-Ishaqi.

Kiai besar asal Surabaya ini belajar kepada kibar ulama Nusantara pada masanya. Seperti Syaikhona Kholil Bangkalan, KH M Hasyim Asy’ari Jombang, dan KH Romli Tamim Peterongan. Beliau menjadi mursyid tarekat Qadiriyyah Naqsyabandiyyah menggantikan KH Ramli Tamim.

Kiai Utsman banyak menulis kitab. Ada 16 judul kitab beliau yang saya sebutkan dalam ats-Tsabat al-Indunisi. Antara lain Ghurrat al-Anam fi Tarjamati Nadhmi Aqidatil Awam, Minhat al-Akyas fi Husni adh-Dhanni bi an-Nas, Syi’ir Ibadah, dan Aun ar-Rafiq fi Syaikh at-Tarbiyati wa Adab al-Murid ila ath-Thariq

Kiai Utsman memiliki hubungan khusus dengan para Sadah Habaib. Terbukti banyak guru, mukhalith dan murid beliau dari kalangan Sadah Habaib. Dawuh-dawuh Kiai Utsman pun diterima oleh mereka.

Salah satu murid beliau dari kalangan Sadah Habaib adalah Sidi Habib Luthfi bin Yahya Pekalongan. Dulu tiap kali mendengar Kiai Utsman berkunjung ke daerah Pantura Tengah (Pekalongan dan sekitarnya), Habib Luthfi bakal menyempatkan diri untuk sekedar bertemu salaman kepada Kiai Utsman. Ini bentuk ta’alluq yang kuat dari murid kepada guru.

Mukhalith atau teman seperjuangan Kiai Utsman yang dari Sadah Habaib sangat banyak. Salah satunya adalah Habib Muhammad al-Habsyi, putra dari Habib Ali bin Abdurrahman al-Habsyi Kwitang Jakarta.

Adapun Sadah Habaib yang menjadi guru Kiai Utsman, maka juga sangat banyak. Sebut saja misalnya Habib Ali bin Husain al-Attas Bungur Jakarta, muallif kitab Tajul A’ras. Saking dekatnya, bahkan Habib Ali Bungur pernah menghadiahkan sebuah manuskrip al-Qur'an kepada Kiai Utsman. Sepeninggal Kiai Utsman, manuskrip tersebut disimpan rapi oleh putra-putranya.

Bukti kedekatan mereka berdua antara lain adalah Habib Ali Bungur menuliskan ijazah secara khusus untuk Kiai Utsman yang selesai beliau tulis pada tahun 1395 H/1975 M, satu tahun sebelum kewafatan Habib Ali Bungur. Berikut ini adalah nash ijazah tersebut:

بسم الله الرحمن الرحيم

الحمد لله الذي جعل الإسناد مفتاح باب الإمداد، والصلاة والسلام على سيدنا محمد المسند الأول، الذي جاءه جبريل الأمين بالوحي المفصل، وعلى آله وأصحابه رواة الحديث المسلسل، الذين فصلوا من بعده كل مجمل، وعلى الذين جاؤوا من بعدهم متعطشين لورود هذا المنهل، ومنهم إن شاء الله الولد العلامة الشيخ محمد عثمان الإسحاقي شيخ الطريقة القادرية الجيلانية في إندونيسيا

Artinya,“Bismillahirrahmanirrahim. Segala puji bagi Allah, Dzat yang menjadikan sanad sebagai kunci pemerian madad (bantuan ruhani). Salawat dan salam semoga tercurahkan kepad baginda nabi agung kita Muhammad, sang musnid yang pertama yang didatangi Jibril dengan wahyu yang rinci. Juga tercurahkan untuk keluarga dan sahabatnya para perawi hadits musalsal. Dan juga untuk orang-orang yang datang setelahnya yang haus untuk mendatangi sumber ini. Insya Allah di antara mereka adalah Ananda al-‘Allamah asy-Syaikh Muhammad Utsman al-Ishaqi, mursyid tarekat Qadiriyyah Jailaniyyah di Indonesia.”

فقد أجزته بما تصح لي درايته وتجوز لي روايته من تفسير وحديث وفقه وتصوف وما كان آلة لذلك من بقية العلوم، منطوقها والمفهوم، كما أجازني في ذلك أشياخي.

Artinya,“Sungguh aku telah mengijazahi Syaikh Muhammad Utsman al-Ishaqi segala sesuatu yang boleh saya dirayah dan riwayatkan dari tafsir, hadits, fiqh, tasawwuf dan ilmu alat yang membantu ilmu-ilmu lain. Baik yang manthuq maupun yang mafhum. Saya ijazahi dia sebagaimana guru-guruku mengijazahi saya.”

منهم شيخ مشايخ العصر، وغرة جبين الدهر، الحبيب أحمد بن حسن العطاس من أهل بلدنا حريضة بحضرموت، والشيخ خاتمة المحققين عمر بن أبي بكر باجنيد بمكة، والحبيب حسين بن محمد الحبشي مفتي الشافعية بمكة المحمية، وسيبويه زمانه الشيخ محمد بن علي بلخيور، والشيخ إبراهيم فؤدة المصري نزيل مكة، وكذلك السيد علي بن محمد البطاح الأهدل مفتي زبيد باليمن حين أدى فريضة الحج، والشيخ يوسف بن إسماعيل النبهاني رئيس المحكمة الشرعية ببيروت في حجة وداعه حال إقامتي بمكة على طلب العلم الشريف، وبقية أشياخي مذكورون في كتابي «تاج الأعراس على مناقب الحبيب القطب صالح بن عبد الله العطاس».

Artinya,“Di antara guru-guruku adalah: 1) Guru para ulama masa itu, Habib Ahmad bin Hasan al-‘Atthas dari Huraidlah hadramaut; 2) Pungkasan ulama muhaqqiqin, Syaikh Umar bin Abu Bakar Bajunaid Makkah; 3) Habib Husain bin Muhammad al-Habsyi, Mufti Syafi’iyyah di Makkah; 4) Sibawai zamannya, Syaikh Muhammad bin Ali Balkhayur; 5) Syaikh Ibrahim Fu’dah al-Mishri yang tinggal di Makkah; 6) Sayyid Ali bin Muhammad al-Batthah, Mufti Zabid Yaman, saat menunaikan ibadah haji; 7) Syaikh Yusuf bin Ismail an-Nabhani, kepala mahkamah syar’i di Beirut, saat haji terakhirnya ketika saya masih belajar di Makkah. Guru-guru saya yang lain telah saya sebutkan dalam kitab saya yang berjudul 'Taj al-A’ras ‘ala Manaqib al-Habib al-Quthb Sholeh bin Abdullah al-‘Atthas'.”

وأوصي الولد محمد عثمان المذكور بنشر الدعوة إلى الله، وبتقوى الله في السر والعلن، وألا ينساني من صالح دعواته في خلواته وجلواته، وآخر دعوانا أن الحمد لله رب العالمين.

Artinya,“Saya berwasiat kepada Ananda Muhammad Utsman untuk menyebarkan dakwah kepada Allah, bertakwa kepada Allah dalam kesendirian dan keramaian. Juga saya berwasiat untuk tidak melupakanku dalam doa-doa baiknya, saat sendiri maupun berjamaah. Kita akhiri do akita dengan Alhamdulillahi Rabbil Alamin.”

وحرر ذلك بجاكرتا عاصمة إندونيسيا يوم الخميس الثامن عشر من شهر شوال سنة ألف وثلاثمئة وخمس وتسعين من الهجرة المحمدية، على صاحبها أفض السلام وأزكى التحية.

Artinya,“Selesai mentahrir ijazah ini di Jakarta Ibukota Indonesia, hari Kamis, 18 Syawal 1395 dari Hijrahnya Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم.”

قال ذلك بفمه وأمر برقمه.
العبد الفقير إلى الله علي بن حسين العطاس

Artinya,“Telah berkata dengan mulutnya, dan meminta mencatatnya. Hamba yang fakir kepada Allah, Ali bin Husain al-Atthas”

***

Lihatlah, Habib Ali Bungur menyebut Kiai Utsman dengan sebutan al-Walad yang artinya anak. Saking dekatnya hubungan beliau berdua hingga Kiai Utsman dianggap Habib Ali Bungur seakan anak sendiri.

Semoga keberkahan para ulama dzurriyyah Walisongo dan Sadah Ba’alawi selalu mengalir untuk kita dan keluarga. Amin.

Pati, 25 April 2024

Kiai Nanal Ainal Fauz, Penulis Kitab Tsabat al Indunisi (Katalog 1000 judul Kitab Karya Ulama Indonesia Beserta Sanad Yang Terhubung Kepada Mualifnya), Ketua Yayasan Turats Ulama Nusantara

Posting Komentar

0 Komentar