Header Ads

Keutamaan Memberi Takjil Buka Puasa

PecintaUlamaID - Saat bulan suci Ramadhan, sering kita temui banyak orang yang berlomba-lomba untuk memberi takjil buka puasa. Adakah keutamaan bagi yang melakukan hal semacam itu? Simak penjelasan dari Kiai Ma'ruf Khozin (Ketua Aswaja NU Center PWNU Jatim) dalam tulisan berikut ini.

***

Imam Ibnu Majah mencantumkan dua hadis keutamaan memberi takjil buka puasa:

ﻋﻦ ﺯﻳﺪ ﺑﻦ ﺧﺎﻟﺪ اﻟﺠﻬﻨﻲ، ﻗﺎﻝ: ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ: «ﻣﻦ ﻓﻄﺮ ﺻﺎﺋﻤﺎ ﻛﺎﻥ ﻟﻪ ﻣﺜﻞ ﺃﺟﺮﻫﻢ، ﻣﻦ ﻏﻴﺮ ﺃﻥ ﻳﻨﻘﺺ ﻣﻦ ﺃﺟﻮﺭﻫﻢ ﺷﻴﺌﺎ»

Dari Zaid bin Khalid Al Juhani bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda: "Barang siapa memberi makan berbuka puasa bagi orang yang berpuasa maka ia mendapat seperti pahala orang-orang yang puasa tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun"

عن ﻋﺒﺪ اﻟﻠﻪ ﺑﻦ اﻟﺰﺑﻴﺮ، ﻗﺎﻝ: ﺃﻓﻄﺮ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻋﻨﺪ ﺳﻌﺪ ﺑﻦ ﻣﻌﺎﺫ، ﻓﻘﺎﻝ: «ﺃﻓﻄﺮ ﻋﻨﺪﻛﻢ اﻟﺼﺎﺋﻤﻮﻥ، ﻭﺃﻛﻞ ﻃﻌﺎﻣﻜﻢ اﻷﺑﺮاﺭ، ﻭﺻﻠﺖ ﻋﻠﻴﻜﻢ اﻟﻤﻼﺋﻜﺔ»

Dari Abdullah bin Zubair bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam berbuka di rumah Sa'ad bin Mu'adz, Nabi bersabda: "Orang-orang berpuasa telah berbuka di rumahmu, makanan kalian dikonsumsi oleh orang-orang baik, dan malaikat mendoakan rahmat bagimu"


Jadi, dari dua dalil di atas kita bisa mengambil kesimpulan bahwa orang yang memberi takjil buka puasa itu akan mendapatkan keutamaan mendapatkan pahala seperti halnya orang yang ia beri takjil tanpa mengurangi pahala mereka (yang diberi takjil) serta akan didoakan oleh malaikat.

Untuk itu, mari kita sisihkan sedikit harta kita untuk bisa memberi takjil kepada orang berpuasa di saat bulan Ramadhan nanti sehingga kita bisa mendapatkan keutaman-keutamaan tersebut.

Posting Komentar

0 Komentar