Header Ads

Covid-19 Tak Jadi Penghalang Pelajar NU Batang Beradu Kreativitas

Poster pemenang lomba vidgram PC IPNU-IPPNU Batang
Batang, PecintaUlamaID - Adanya pandemi Covid-19 atau virus Corona tidak membatasi kreativitas seseorang. Seperti yang dilakukan oleh Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Di tengah pandemi ini, pelajar NU Batang mengadakan lomba video Instagram (Vidgram) dalam rangka memperingati Hari Kartini tahun 2020 ini.

Menurut Ketua PC IPNU Kabupaten Batang Sarifudin, lomba vidgram yang mengusung tema Kartini Masa Kini, Inspirasi bagi Negeri ini merupakan lomba membuat video pendek di media sosial Instagram dan terlaksana selama dua pekan, yakni pada 17-30 April 2020.

"Antusiasme para peserta yang berasal dari kalangan para pelajar NU Kabupaten Batang sangat besar. Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya 25 video yang diterima panitia untuk mengikuti perlombaan ini," bebernya.

"Para pemenang lomba secara resmi diumumkan oleh panitia lewat akun @pelajarnubatang pada Senin (4/5) setelah berunding dengan tim," imbuhnya.

Juara pertama lomba vidgram ini adalah Chindy Utami Lindia Wati, pelajar Desa Sendang, Kecamatan Wonotunggal, Batang sebagai pemilik akun @cndyul. Sementara juara kedua dimenangkan oleh pemilik akun @pripnuippnubanjiran yang berasal dari IPNU Ranting Banjiran, Kecamatan Warungasem. Sedangkan pemilik akun @khoirin_2570, Khoirin Vangkek Lung dari Desa Klawen, Kecamatan Bawang, ditetapkan sebagai juara ketiga.

Dikatakan, lomba ini sebagai wujud refleksi di kalangan pelajar untuk semakin meneladani sosok pahlawan yang telah memperjuangkan emansipasi perempuan dalam berkehidupan seperti Raden Ajeng (RA) Kartini.

"Acara ini sekaligus meningkatkan kreativitas serta merespon pelajar NU menghadapi Society 5.0 atau Masyarakat 5.0, di mana era disrupsi semuanya akan mengalami perubahan, termasuk dalam memberikan pesan terhadap sesama pelajar yaitu melalui vidgram ini," ujarnya, Selasa (5/5).

Hal senada dikatakan Ketua PC IPPNU Batang Maulinatus Sholikhah, tujuan diadakan lomba vidgram tersebut adalah untuk meningkatkan daya kreativitas pelajar di era digitalisasi ini. Selain itu adalah sebagai refleksi perjuangan RA Kartini yang sangat menginspirasi kaum muda, khususnya kalangan perempuan.

"Di masa RA Kartini saja, beliau bisa menghasilkan banyak karya dan gagasan yang cemerlang. Padahal belum memiliki kemerdekaan dalam berfikir, bertindak maupun belajar. Sedangkan kita yang sudah memiliki kemerdekaan seharusnya mampu mencontoh. Bahkan, harus lebih dari apa yang telah beliau lakukan," tegasnya.

Ia berharap, masa pandemi ini tidak hanya digunakan untuk bermalas-malasan dan rebahan saja. Akan tetapi, sebagai pelajar harus tetap produktif.

"Nah, dengan diadakannya lomba ini diharapkan mampu membuat pelajar perempuan khususnya mampu tetap produktif dan terus menginspirasi semua orang,” pungkasnya. (Sulfiana/Admin)

Posting Komentar

0 Komentar