Header Ads

Soal Covid-19, PWNU Jatim Imbau Media Sajikan Berita Positif

Konferensi Pers Hasil Bahtsul Masail PWNU Jawa Timur mengenai Covid-19 pada Rabu (18/3) di Kantor PWNU Jatim. (Foto: Istimewa)
PecintaUlama.ID - Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur menggelar Bahtsul Masail mengenai Virus Corona atau CoronaVirus Disease 2019 (Covid-19)pada Selasa (17/3) di Rumah Sakit Islam (RSI) Siti Hajar Sidoarjo, Jawa Timur.

Kegiatan bahtsul masail tersebut sendiri merupakan bentuk dari penyikapan dari PWNU Jawa Timur atas menyebarnya virus tersebut.

Dalam kegiatan tersebut, terdapat enam hasil keputusan dan tiga poin rekomendasi yang dihasilkan oleh tim perumus.

Untuk hasil keputusan dari Bahtsul Masail tersebut meliputi bagaimana bentuk sikap proporsional dalam menghadapi Covid-19. Kemudian ada optimisme dalam menghadapi Covid-19. Setelahnya adalah mengenai kebijakan Pemerintah terkait Covid-19.

Dilanjut dengan mengenai pembatasan Shalat Jumat dan kegiatan keagamaan lainnya. Dua hasil keputusan terakhir adalah tentang kebiasaan berjabat tangan dan tajhiz atau pemulasaran jenazah penderita Covid-19.

Sedangkan untuk rekomendasi dari pagelaran Bahtsul Masail ini ditujukan kepada tiga subjek, yakni pemerintah, masyarakat, dan insan media.

Berikut ini adalah hasil rekomendasi Bahtsul Masail PWNU Jawa Timur tentang Covid-19:

  • Kepada Pemerintah agar:
    • mengambil kebijakan, tindakan, dan langkah-langkah konkrit dalam pencegahan dan penghentian penyebaran virus Corona
    • menjamin ketersediaan alat-alat pencegahan yang dapat menghambat penyebaran virus Corona, yang mudah dan mampu dijangkau oleh masyarakat luas
    • pemberlakuan larangan terhadap aktivitas publik yang melibatkan perkumpulan massa hendaknya tidak dilakukan secara sama, namun benar-benar memperhatikan perbedaan antara kondisi daerah yang terdampak dan tidak terdampak
    • pemberlakuan larangan aktivitas keagamaan harus mempertimbangkan hukum (dalam Islam: wajib, sunnah, dan semisalnya) yang berlaku dalam agama
  • Kepada Masyarakat agar mematuhi kebijakan pemerintah dalam pengendalian penyebaran virus Corona agar tercapai kemaslahatan bersama
  • Kepada Insan Media agar menyajikan berita-berita positif yang membangun optimisme, solidaritas, dan kesemangatan kolektif dalam menghadapi penyebaran virus Corona, serta benar-benar tidak menyajikan berita-berita negatif yang justru dapat menimbulkan keresahan, kepanikan, dan kekhawatiran yang berlebihan.

Baca: Hasil Keputusan Bahtsul Masail PWNU Jatim tentang Covid-19

Posting Komentar

0 Komentar