Header Ads

Pemuda Harus Jadi Pelopor Perangi Berita Hoax

Bangkalan, PecintaUlama.IDSabtu (25/11), Pemuda Mandiri Membangun Desa (PMMD) mengadakan pelatihan jurnalistik dengan mendatangkan pemateri handal di Kabupaten Bangkalan. Acara ini dilangsungkan di Pondok Pesantren Integral Al-Ghazali, Desa Sabreh, Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan.

Dalam pelatihan kali ini, yang menjadi pemateri adalah Moh Ishaq Rofi SPd, yang merupakan Sekretaris Redaksi (Sekred) Buletin al-Ummah, buletin resmi yang diterbitkan oleh PCNU Bangkalan. Peserta terlihat sangat antusias mengikuti acara tersebut. Hal itu bisa dibuktikan dengan diikuti oleh para santri putra-putri Ponpes Al-Ghozali serta para pemuda Desa Sabreh.
Pada sambutan ketua panita, Moh Rofik Anam, mengatakan bahwa di era modern dan globalisasi saat ini pemuda desa harus menjadi pelopor, menjadi uswah dalam menyampaikan informasi, karena akhir-akhir ini berita dusta (hoax) menjadi konsumsi masyarakat. "Pemuda harus menjadi pelopor dalam memerangi (berita) hoax, agar tidak dikomsumsi masyarakat bawah. Itu bahaya," tegasnya.

Lebih lanjut, menurut Rofik, "Para pemuda alumni jurnalis ini harus berbuat amar ma'ruf, minimal melalui media sosial," tambahnya. Tujuan acara pelatihan jurnalistik tersebut untuk meningkatkan kreativitas menulis pemuda desa yang nantinya diharapkan akan muncul jurnalis-jurnalis profesional dari desa. [Mahsus/PecintaUlama.ID]

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.