Header Ads

LPMQ dan Mitra Netra Sinergikan Publikasi Tafsir Al-Quran Braille

Kepala LPMQ, Muchlis M Hanafi mamaparkan tutorial registrasi dan login aplikasi terjemahan Al-Quran (foto:Kemenag RI)
Jakarta, PecintaUlama.ID - Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an (LPMQ) menjalin kerjasama dengan Mitra Netra untuk menyebarluaskan Tafsir dan Terjemah Al-Quran khusus kepada komunitas penyandang disabilitas netra.

"Sejauh ini Kemenag melalui LPMQ telah menghadirkan Mushaf dan terjemah Al-Quran disertai pedoman membaca dan menulis Al-Quran Braille," kata Kepala LPMQ Muchlis M Hanafi usai mendampingi Menag Lukman melaunching Portal Konsultasi Publik Revisi Terjemahan Al-Qur'an di Bayt Al-Quran, TMII, Jakarta, Selasa (28/11). 

Menurut Muchlis, yayasan Mitra Netra sudah mengembangkan website-nya, LPMQ akan ikut mengisi kekosongan web itu dengan tafsir dan terjemah Al-Quran. "Portal ini bentuknya website dan akan bisa dibuka pada smart phone," tambah Muchlis.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyambut baik kerja sama antara LPMQ dengan Yayasan Mitra Netra dalam rangka menyebarluaskan tafsir dan terjemahan Al-Quran di tengah komunitas penyandang disabilitas netra.

Sebelum dirilis Menag, Muchlis menampilkan tutorial registrasi dan login portal di hadapan ratusan undangan yang hadir. Menurutnya, LPMQ selama ini sudah melakukan sejumlah upaya dalam rangka revisi terjemah Al-Quran. Upaya tersebut antara lain menyusun instrumen revisi, melakukan konsultasi publik secara offline di beberapa tempat, membuka portal konsultasi publik, membentuk tim revisi, melakukan penelitian lapangan untuk membaca respon masyarakat selama ini, serta melakukan verifikasi dalam forum nasional mushaf Al-Quran.

Dalam kesempatan ini, turut hadir Mantan Menteri Agama yang juga Tim Penerjemah, Prof Quraish Shihab, Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud, Dadang Sunandar, serta Kepala Badan Litbang dan Diklat Kemenag, Abd Rahman Mas'ud. [Kemenag RI/PecintaUlama.ID]

Sumber:

Posting Komentar

0 Komentar